F3 Kualifikasi Moto2 GP Motegi-Jepang. - Respiro

F3 Kualifikasi Moto2 GP Motegi-Jepang.

2 tahun yang lalu    

Coba Jalur Beda di Chicane, Jorge Navarro Malah Terjatuh
Cuaca sirkuit Twin Ring Motegi Jepang pada Jum’at 13 Oktober 2017 kurang bersahabat. Hujan turun membuat lintasan basah sehingga lebih licin.


Licinnya aspal sirkuit Twing Ring Motegi berpengaruh di penampilan Jorge Navarro pada sesi free practice (FP) atau latihan bebas sore. Pembalap Federal Oil Gresini Moto2 yang disupport Respiro ini tidak dapat mengikuti FP3 hingga selesai.
Jorge Navarro mencoba racing line berbeda di tikungan chicane atau tikungan 14 untuk mendapatkan hasil yang makin bagus. Namun hasil beda didapat. Jorge Navarro jatuh hingga keluar lintasan. Untung tidak terjadi cidera serius dan Jorge Navarro mampu bangkit tapi tidak melanjutkan latihan.


Pada FP2 ini waktu tercepat Jorge Navarro hanya di 2’07,721 detik. Masih lebih cepat saat FP1 yang mencatat waktu 2’07,021 detik. Dari FP1 dan FP2, posisi pembalap 21 tahun ini berada di urutan 12 dari 33 pembalap Moto2 peserta latihan bebas hari ini.
Di latihan hari pertama Jorge Navarro membuat total 30 putaran. FP1 sebanyak 18 lap. SEdang di FP2 sebanyak 12 lap.
"Hujan di hari pertama. Sepertinya cuaca akan tetap seperti ini untuk akhir pekan ini. Saya memiliki perasaan yang baik sejak awal dan saya kompetitif di FP1. Setelah melakukan beberapa penyesuaian di sore hari, kami memutuskan untuk kembali ke setting sebelumnya. Sayang sekali insiden jatuh terjadi karena saya mencoba jalur yang berbeda pada chicane terakhir yang saya piker bisa lebih baik. Menurut saya dengan kecepatan yang berbeda hasilnya akan baik. Kita tahu di mana kita bisa dan memperbaiki diri untuk besok,” kata Jorge Navarro.

Kualifikasi kelas Moto2 GP Motegi pada Sabtu 14 Oktober menjadi sesi yang sulit bagi Jorge Navarro. Pembalap asal Spanyol ini tidak bisa tampil maksimal hingga berada di posisi 26 atau start dari baris ke 9 pada balap Minggu 15 Oktober.
Hari yang sulit bagi Jorge Navarro karena kondisi lintasan yang berubah. Di awal sesi kualifikasi kondisi aspal masih basah karena hujan. Jorge Navarro memilih memakai ban basah. Pertengahan kualifikasi sebagian aspal sirkuit mulai kering. Beberapa pembalap menganti ban ering bahkan ada yang slick untuk mempertajam waktu.


Jorge Navarro tetap memakai ban basah. Imbasnya ketika berada di trek kering tidak bisa maksimal. Catatan waktu sulit dipersingkat.
"Hari yang sulit. Kami mulai kualifikasi dengan ban basah. Saya membuat kesalahan dengan tidak mengganti ke ban slick setelah masuk pit dan balik ke kualifikasi,” kata Jorge Navarro.

Kurang tepat pilih ban, Jorge Navarro tidak bisa maksimal di kualifikasi.




Komentar Artikel "F3 Kualifikasi Moto2 GP Motegi-Jepang."